Lebih Mudah Memahami Pengertian SEO dan SEM

55
gambar via msufcu.org

Askar Digital, Belajar SEO – Mungkin sebagian orang sering menyangka salah apa itu SEO dan SEM. Ada juga yang mengira bahwa SEO bagian dari SEM, begitu pula sebaliknya. Pemahaman antara SEO dengan SEM ini berbeda-beda antar praktisi.

Pengertian SEO dan SEM

Mari kita sepakati dulu bersama pengertian SEO dan SEM.

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimation yang artinya sebuah usaha atau perubahan pada website untuk meningkatkan posisi website pada hasil mesin pencarian secara natural.

Nah, untuk SEM sendiri yakni Search Engine Marketing. Yang tujuannya sama dengan SEO itu sendiri, namun pada setiap usahanya menggunakan budget atau berbayar (Paid Search).

Coba lihat gambar di bawah ini…

gambar perbedaan SEO dan SEM askar digital
gambar perbedaan SEO dan SEM

Tampak di atas, dengan kata kunci Jasa Konten Instagram dengan mesin pencarian google. Hasilnya akan terlihat yang dikotakin merah yaitu SEM dan yang dikotakin itu berwarna biru itu SEO.

Sudah mulai jelas kan ya.. tentang perbedaan SEO dengan SEM

Apa Perbedaan SEO dengan SEM

Sekarang mari kita bedakan taktik SEO dan SEM agar semakin lebih jelas lagi.

Contoh SEO

  • Target Keyword
  • Content Marketing
  • Themes / Template Website
  • Local SEO
  • Link Building
  • dan sejenisnya…

Contoh SEM

  • Google AdWords
  • Cmpaign Design
  • Yahoo Search Marketing
  • Microsoft adCenter
  • Facebook Ads
  • dan lainnya…

Kelebihan SEO

  • Lebih jangka panjang
  • Meningkatkan brand awareness
  • Natural tanpa berbayar
  • Jangkuan lebih luas tanpa harus boros

Kelebihan SEM

  • Hasil instan
  • Penglolaan lebih cepat
  • Butuh biaya yang tidak sedikit
  • Mendominasi
  • Tertarget
  • Tidak perlu memikirkan algoritma

Ada kelebihan pasti ada kekurangannya, masing-masing memiliki kekurangan tersendiri antara SEM dengan SEO. Saya akan coba jelaskan secara lebih jelas dan padat ya…

Kekurangan SEO

Perlu diketahui, bahwa untuk melihat hasil SEO yang selama ini dikerjakan mulai dari SEO on page hingga backlink memerlukan waktu yang tidak cepat. Diperkirakan akan terlihat hasilnya antara 1 hingga 3 bulan, jika sedang mujur bisa lebih cepat dan ketika sedang sulit-sulitnya bisa lebih dari itu.

SEO juga memiliki persaingan yang begitu ketat. Ini tentu akan menguras tenaga dan pikiran, harus total dan konsisten. Anda akan bersaing dengan website dengan kategori bisnis yang sama. Kebayangkan, berapa banyak website pesaing Anda. Wow, pokonya seru deh..

Tidak hanya itu, website juga harus bisa beradaptasi dengan algoritma mesin pencari. Sekedar informasi, bahwa algoritma mesin pencari ini akan dipastikan mengalami perubahan. Ini artinyam, website yang sudah dioptimasi akan rentan kena sambat. Hehe.. Dampaknya bisa posisi jdi terperosok  atau lebih kejamnya lagi kena deindex.

Kekurangan SEM

Bagi pebisnis kreatif mandiri (UKM) yang tidak memiliki budget lebih, SEM ini menjadi cara yang harus dipikirkan matang-matang. Karena SEM memerlukan biaya yang tidak sedikit. Bahkan jika belum terbiasa menggunakannya, bisa-bisa Anda akan merugi.

Perbanyak test adalah kunci dalam bermain paid search. Kalau istilahnya A/B Test atau Split Ads. Lagi-lagi ketika menggunakan split ads ini sudah dipastikan memerlukan biaya lagi.

Lalu, dalam SEM ini juga harus konsisten, terus dimonitoring. Tidak bisa set and forget begitu saja.

Sudah sampai di penghujung artikel pengertian SEO dan SEM dalam topic belajar SEO ya, semuanya bagus jika tau ilmunya. Namun perlu dipertimbangkan juga masalah budget. Kalau misal dana tidak mencukupi lebih, Anda bisa menggunakan jasa seo atau jasa buat artikel seo. Yang harganya bisa relative lebih hemat, tentu saja sebagai lahan investasi jangka panjang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here