Cara Mencari Follower Instagram Tertaget dan Potensial Tanpa Tools

87
meningkatkan follower secara organic cara menambah follower instagram tertaget
meningkatkan follower secara organic

ASKAR Digital, Belajar Instagram Marketing – Sebagian orang menganggap bahwa Follower Instagram diartikan sebagai tolak ukur akun tersebut terkenal atau tidak. Dalam dunia bisnis online, follower bisa juga diartikan dengan seberapa terkenalnya brand tersebut di Instagram. Kalau sudah terkenal anggapanya sudah pasti laku.

Untuk menjadi terkenal di Instagram itu sebenernya cukup mudah, Saya kasih taua cara nyelenehnya ya. Cara agar terkenal di Instagram adalah dengan membeli follower.

Apakah Anda salah satunya, beli follower agar jadi terkenal?

Membeli follower Instagram itu hak Anda.

Jika pilihan Anda ingin meningkatkan follower Instagram secara organic. Anda bisa baca tulisan saya “cara mendapatkan followers instagram yang aktif secara natural” ini hingga selesai.

Namun perlu diingat, proses mendapatkan follower memakan waktu yang tidak instan. Saya yakin Anda merupakan seorang pebisnis pembelajar sejati. Saya akan bantu Anda untuk menemukan calon pelanggan Anda di Instagram.

Cara menemukan dan mendapatkan followers Instagram aktif

Ada tiga cara yang bisa Anda lakukan guna menemukan calon pelanggan potensial di Instagram. Yuk, simak lebih lanjut…

Know your market

menentukan segmentasi pasar di instagram vanyagepcom
segmentasi pasar via vanyagep.com

Cara pertama ini sangat penting sekali untuk disimak. Dalam mencari follower instagram yang tertarget yang paling utama yakni Anda harus mengetahui dulu siapa calon pelanggan potensial produk atau jasa Anda jual di IG.

Petakanlah target follower kebeberapa bagian dengan jelas. Bisa berupa umur, lokasi dan hobi. Seharusnya Anda sendiri yang lebih paham tentang target market Anda.

Saya ambil contoh Saya jualan sepatu futsal, maka saya akan mencari follower potensial untuk bisa dijualin.

Target follower saya yakni:

  • Pria
  • Umur dari 15 samapi 35 tahun
  • Tempat tinggal di Cirebon, Kuningan dan Majalengka
  • Menyukai klub sepak bola PERSIB
  • Mencari sumber inforamsi melalui media online BOLA.COM dan GOAL.COM

Lalu setelah data kriteria calon pelanggan dipetakan, saatnya mencari mereka dengan cepat. Follow mereka, bangun interaksi. Jangan malu untuk LIKE dan Komen duluan.  Lebih jelasnya silahkan lanjut baca ke bagian ke dua.

Who your competitor

Cara selanjutnya adalah dengan mengintip pesaing bisnis Anda di Instagram.

Aduh Kang, Produk saya mah gak ada pesaingnya.

Yakin? Yang bener nih. Coba kasih tau saya produknya apa.

Begini ya.

Setiap produk itu punya competitor lho, ini pasti. Entah itu pesaing secara langsung ataupun tidak langsung ya.

Kembali lagi ke persaingan. Cari akun instagram pesaing bisnis Anda di Instagram, minimal lima akun saja dulu ya.

Untuk apa emang?

Gini. Setelah akunnya didapat, coba tengok di tab follower masing-masing akun tadi. Di sana kemungkinan besar ada calon pelanggan yang siap menanti Anda.

Seperti biasa, klik follow mereka secara bertahap ya.

With hashtag

Saya sering bilang, kalau keberadaan hashtag itu diibarakan sebuah komunitas. Jadi setiap hashtag itu tempatnya orang dengan satu kesamaan atau hobi berkumpul dan berkarya dengan suka rela.

Masuklah ke dalam komunitas tersebut. Anda bisa melihat mereka dengan bebas.

Untuk pemilihan hashtag juga tidak boleh sembarangan, awas ketuker dengan hashtag jualan ya.

Saya beri salah satu contoh hashtag Instagram komunitas ialah #InstaNusantara, komunitas pencinta fotografi ini telah memiliki 4 jutaan foto yang diunggah dengan menggunakan hashtag #InstaNusantara.

Meskipun di dalamnya ada yang jualan juga. Eaa.

Apakah Anda salah satunya? Hehe…

Di hashtag komunitas tadi banyak audiens dengan hobi yang sama yakni fotografi yang dengan bangga menggunakan hashtag tersebut pada setiap fotonya.

Jadi apa hashtag komunitas calon pelanggan Anda?

Cara menambah follower tertaget

Setelah Anda mengetahui di mana calon pelanggan berkumpul seperti penjelasan saya tadi di atas. Tinggal saatnya Anda follow mereka secara bertahap. Pilihlah yang sekiranya menurut Anda berpotensi dapat follow back, jika Anda menginkan follower bertambah.

Ketika mereka sudah berada pada tab following Anda, mulailah dengan mengetuk hati mereka dengan cara LIKE setiap foto mereka muncul. Jika memungkinkan untuk dikomentari, silahkan komentar tapi jangan komentar jualan ya.

Saya yakin, semakin Anda sering menyukai foto calon pelanggan Anda maka bisa dipastikan mereka akan kepo terhadap Anda. Muhehe.

Saya pernah mengalamin kejadian unik mendapatkan seorang pelanggan dari Instagram. Saya praktekan cara di atas. Follow, like dan like. Targetnya ibu-ibu berjiwa kekinian.

Dia yang pernah saya follow dan sering like fotonya tanpa dia follow back ternyata kepo penasaran dengan profile instagram saya. Dengan ijin Allah, serta momen yang pas, akhirnya closing.

Cara mengetahui akun instagram yang beli follower

Ketauan banget pokonya, akun instagram yang memiliki followernya banyak dengan cara beli follower. Cara mengetahui akun instagram yang beli follower itu mudah sekali.

Caranya yakni coba lihat 12 postingan terakhirnya, apakah memiliki interaksi yang wajar? Jika follower 1000, bisa diperkirakan rata-rata like per foto harusnya lebih dari 12.

Tiga cara di atas memang tidak semudah dan seinstan beli jasa tambah follower, kembali saya ingatkan pilihan Ada di tangan Anda.

Apakah ingin tumbuh secara natural yang long terms (jangka panjang) atau dengan cara instan yang hanya menghasilkan follower saja tanpa ada impresi yang bagus di setiap postingan Anda.