Cara LICIK Menulis Artikel SEO

42
jasa SEO Tips cara menulis artikel SEO www.askar.id
Belajar SEO

ASKAR Digital, Belajar SEO – Untuk sebagian orang, munkin Anda juga termasuk salah satunya. Menulis artikel blog memiliki kerumitan tersendiri. Entah dari menentukan judul, kata kunci dan buntunya ide ketika mengambil tema yang akan ditulis.

Masalah seperti menentukan kata kunci utama dalam membuat arikel (keyword) terkadang sering tak terpikirkan, padahal tujuan membuat artikel itu salah satunya untuk membidik sebuah kata kunci di mesin pencarian agar blog bisa melibas pesaing di persaingan halaman satu.

Tenang, ada sebuah cara membuat artikel SEO yang sering saya gunakan untuk melibas kompetitor di mesin pencarian seperti google. Teknik ini bisa Anda gunakan ketika ingin membidik sebuah keyword yang memiliki persaingan yang mudah (low-medium).

Kok namanya Cara LICIK, tidak baik dong? Ya, enggak licik juga asal tidak pelanggaran kan kenapa enggak. Terus alasannya supaya headline menarik untuk dikilk.

Berikut cara membuat artikel SEO dengan memetakan kompetitor:

1. Tentukan Keyword

Dalam tahap awal ini, Anda terlebih dahulu menentukan kata kunci yang ingin dibidik. Untuk uji coba silahkan pakai satu keyword saja. Lalu tambahkan dengan keyword yang relevan, caranya yakni dengan melihat “Search related to” google atau dengan tools SEO Dojo (GRATIS)

2. Intip Posisi

Setelah Anda menentukan kata kunci, lalu masukan kata kunci tersebut di halam pencarian google. Dari sana Anda akan melihat hasil dari pencarian dengan keyword Anda. Sudah mulai tampak, para pesaing.

3. Seleksi Hasil Intip

Kemudian Anda tandai 5-10 website mana saja yang berada di posisi halaman satu google. Kemudian liat masing-masing website, liat panjang artikelnya dan perkirakan juga apakah website tersebut akan mudah Anda kalahkan atau tidak dengan melihat Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) dari masing-masing website. Gunukan SEOquake untuk melihat DA PA, instal di Google Chrome Anda.

4. Menulis Outline Konten

Jangan pusing dulu dengan kata-kata outline, saya terbiasa menyalin Meta Description dari website pesaing ke notepad untuk dijadikan outline. Cukup mudah kan? Yuk lanjut lagi Bossqu…

5. Tentukan Judul Artikel SEO

Outline sudah, ngintip-ngintip sudah. Anda bisa menentukan judul artikel yang sedikit berbeda dari pesaing tadi ya. Silahkan coba-coba terlebih dahulu. Utamakan kata kunci yang dibidik disertakan dalam judul artikel yang akan ditulis.

6. Tulis Artikel Anda

Data persaingan sudah ada ditangan, kini saatnya Anda siapkan amunisi (artikel). Buatlah artikel sekurang-kurangnya 350 kata. Sulit, memang. Setelah terbiasa nanti juga bisa. Untuk mempermudah menulis artikel SEO ini lihat Realted Keyword yang sudah Anda cari dengan menggunakan tools Dojo. Masih pusing juga. Kawinkan dengan Meta Description webstie pesaing Anda.

Jangan lupa sertakan juga gambar yang berhubungan dengan artikel Anda, jika memungkinkan sertakan juga video.

7. Luncurkan Artikel

Amunisi sudah siap, lengkap dan gagah. Saatnya Anda publish artikel di website milik Anda.

8. Analisis

Setelah artikel Anda mengudara, lihat hasilnya. Apakah bagus atau tidak. Ingat ya, hasilnya tidak akan instan lho. Hingga 10 hari, hasilnya tidak akan terlihat. Jika pun ada, YESS! ALHAMDULILLAH.

Delapan cara di atas bisa Anda gunakan ketika ingin membuat artikel SEO dengan cara memetakan kompetitor di halaman google. Saya harap Anda bisa mencobanya, lalu hasilnya akan BAIK.

Mudah-mudahan jelas ya. Boleh diskusi di halaman komentar, atau segera hubungi saya melalu email.